Menarik, mengenal istilah gangguan kepribadian ganda

multiple personality


Akhir-akhir ini saya tertarik untuk membahas mengenai gangguan kepribaian seseorang, dilatarbelakangi dengan adanya perilaku aneh yang terlihat di kalangan masnyarakat yang mungkit berkaitan dengan gangguan kepribadian. Terlebih saya menemukan beberapa orang yang memiliki kepribadian unik dan berbeda dari kepribadian pada umumnya.

Setelah melakuakan penelusuran, saya menemukan banyak bentuk kepribadian yang dianggap sebagai kepribadian yang terganggu, dan di antaranya merupakan kepribadian yang ternyata tak jarang kita temui. Namun kali ini kita hanya akan membahas mengenai salah satu gangguan kepribadian yang mungkin sedikit tidak masuk akal, yaitu gangguan kepribadian ganda.

Apa itu kepribadian ganda?

Gangguan kepribadian ganda adalah kondisi di mana terdapat dua atau lebih kepribadian yang berbeda di dalam satu tubuh. Dua sosok ini masing-masing berdiri sendiri. Kekerasan fisik, emosional, atau seksual yang terjadi secara berulang-ulang pada masa usia dini berisiko menyebabkan kondisi ini.

Kepribadian ganda dikenal dengan sebutan Gangguan Identitas Disosiatif (Dissociative Identity Disorder). Sebenarnya, sebagian orang pernah mengalami disosiatif ringan, misalnya melamun atau hilang arah ketika sedang mengerjakan sesuatu. Namun, kepribadian ganda adalah bentuk dari disosiatif yang sudah berat.
Masing-masing dari dua atau lebih kepribadian pada gangguan kepribadian ganda memiliki identitas berbeda satu sama lain. Setiap kepribadian berbeda dalam hal pola pikir, cara berbicara, perilaku, jenis kelamin, usia, dan ras. Masing-masing kepribadian dapat memegang kendali penuh atas tubuh si penderita secara bergantian.

Dalam kesehariannya, dua pribadi yang muncul bisa saling mengenal dan bekerja sama. Akan tetapi dalam kasus tertentu, dua pribadi tersebut tidak saling mengenal dan sifatnya bertolak belakang tanpa disadari oleh si penderita.

Gejala Kepribadian Ganda

1. Depersonalisasi dan derealisasi
Penderita mengalami halusinasi visual. Penderita merasa terpisah dari dirinya serta mengganggap dirinya tidak nyata, di mana penderita merasa mengamati dirinya sendiri, layanknya menonton sebuah film. Hal ini mungkin dapat disebabkan karena Individu yang satu dapat melihat kehidupan individu lainnya, selayaknya orang yang sedang menonton kehidupan orang lain.

2. Amnesia, distorsi, dan penyimpangan waktu
Terkadang si penderita menemukan dirinya berada di suatu tempat dan kejadian tanpa menyadari kapan dan bagaimana bisa sampai ke tempat tersebut. Sama halnya terhadap waktu, si penderita kadangkala tidak bisa mengingat dengan jelas tanggal-tanggal penting dalam hidupnya, seperti tanggal lahir, tanggal pernikahan dan sebagainnya.

3. Halusinasi auditori dan keinginan untuk bunuh diri
Penderita kepribadian seringkali mendengar suara-suara asing di dalam kepalanya, dan cenderung memiliki keinginan untuk bunuh diri.

4. Fluktuasi tingkat kemampuan dan gambaran diri
Proses switching kepribadian menyebabkan kemampuan dan gambaran diri penderita berubah-ubah sesuai kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing kepribadian.

5. Depresi
Penderita sering mengalami depresi, kemungkinan hal ini di landai karena penderita menemukan dirinya dalam suatu kondisi dan ia tidak dapat mengingat mengapa ia ada pada kondisi tersebut.

6. Rasa panik berlebihan
Penderita Sering dilanda rasa panik, cemas berlebihan, perubahan suasana hati, dan mengalami gangguan tidur ( insomnia).

7.perasaan tak menentu
Penderita Sering merasa sedih, marah, dan merasa dirinya tidak berharga.

8.Panggilan nama yang berbeda
Penderita terkadang memiliki nama yang berbeda berdasarkan kepribadian lainya, hal ini dapat di temukan dari beberapa orang yang memanggil namanya dengan panggilan yang berbeda beda.

9.Orang asing
Penderita kepribadian ganda terkadang bertemu dengan seseorang yang mengaku pernah bertemu sebelumnya. Hal tersebut mungkin di landasi karena saat pertemuan sebelumnya merupakan pertemuan dengan kepribadiannya yang lain.

Berikut salah satu kasus yang cukup terkenal mengenai seseorang yang memilikii kepribadian ganda
.
Kasus Sybil

Shirley Ardell Mason (Dodge Center, Minnesota, 25 Januari 1923 – 26 Februari 1998 ), adalah seorang wanita yang kehidupannya didokumentasikan di buku dan film dengan nama Sybil Isabel Dorsett untuk melindungi identitas aslinya. Buku itu ditulis oleh Flora Rheta Schreiber dan diterbitkan pada tahun 1973.
Sybil, menceritakan tentang seorang gadis dengan kepribadian yang terpecah sehingga sampai terdapat 16 kepribadian dalam satu tubuh. Enam belas pribadi itu adalah: Clara, Helen, Marcia, Marjorie, Mary, Mike (laki-laki), Nancy Lou Ann Baldwin, Peggy Ann Baldwin, Peggy Lou Baldwin, Ruthie, Sid (laki-laki), Sybil Ann, Sybil Isabel Dorsett, Vanessa Gaile, Victoria Antoniette Shcarleu (Vicky) dan kepribadian terakhir yang tak diketahui namanya.

Riwayat hidup

Shirley Ardell Mason, lahir di Dodge Center, Minnesota, dari Walter Mason dan Martha Alice Hageman Mason (untuk selanjutnya kita sebut Sybil). Menurut versi buku, Sybil seorang anak yang sering disiksa ibunya dengan tangan, juga terlalu mengawasi anak secara berlebih-lebihan sehingga si anak merasa tertekan.
Sybil kemudian pindah ke kota New York pada awal tahun 1950-an untuk melanjutkan kuliah di Universitas Columbia . Setelah kehilangan ingatan (karena tubuhnya sering digantikan pribadi lainnya), dia mulai mengunjungi seorang psikiater, Dr.Cornelia B. Wilbur, yang kemudian mendiagnosisnya menderita kepribadian ganda yang terpecah. 

Wilbur menemukan 16 kepribadian yang masing-masing berbeda antar satu dengan yang lain dalam diri Sybil dan percaya bahwa hal itu diakibatkan karena beberapa perlakuan yang kejam yang dilakukan oleh ibunya. Selama 11 tahun menjalani terapi , Wilbur dan sybil bekerjasama untuk menyatukan kembali pribadi-pribadi itu dalam satu tubuh.

Schreiber menulis buku itu berdasarkan keterangan dari Sybil dan Dr. Wilbur. Dalam bukunya semua nama dan tempat diubah demi melindungi identitas Sybil yang sebenarnya.

Setelah bukunya diterbitkan, Sybil pindah ke Point Pleasant, West Virginia dan kemudian ke Lexington, Kentucky. Wilbur mengajar di Universitas Kentucky, dan Sybil menjadi guru seni. Dia tinggal dengan damai di Kentucky , pergi ke Gereja Adventis-Hari ke Tujuh , mempunyai hewan piaraan, bermain-main Scrabble dengan Wilbur dan teman-teman dekatnya. Tahun 1998, Sybil meninggal karena kanker payudara pada umur 75 tahun.

Pada tahun-tahun terkini, dokter dan lainnya memperdebatkan apakah kepribadian ganda itu benar-benar ada. Beberapa orang mengklaim bahwa 16 kepribadian Mason diciptakan oleh sugesti Wilbur selama terapi. Keadaan itu makin rumit oleh fakta bahwa Wilbur tak pernah menerbitkan laporan kasus itu dalam jurnal ilmiah manapun. Mason dan Wilbur sudah meninggal (Wilbur meninggal pada tahun 1992), sehingga kita tak pernah tau tentang kisah luar biasa ini.

Baca halaman selanjutnya : Billy Milligan dengan 24 Kepribadiannya

Teori Psikoanalisa

Dari kasus Sybil, terungkap bahwa masa kanak-kanak memegang peranan penting dalam pembentukan karakter dan kepribadian seseorang.  Sigmund Freud, melaui  teori Psikoanalisa miliknya, mengungkapkan saat seseorang mengalami kejadian buruk, pengalaman tersebut akan ditekan ke alam bawah sadar. Saat seseorang benar-benar tidak bisa menerima suatu kejadian, maka ia akan menciptakan sosok pribadi lain dari dalam dirinya sebagai mekanisme pertahanan diri. Kepribadian-kepribadian baru akan terus muncul jika ada peristiwa yang tidak dapat diatasi.

Pengobatan

Pengobatan kepribadian ganda dilakukan dengan psikoterapi dan hypnosis. Melalui hypnosis, terapis akan mengungkap semua kepribadian yang terdapat dalam diri penderita. Proses ini berlangsung dengan menghipnosis individu untuk dapat menerima dan bersatu dengan kepribadian lainnya. Pada tahap ini, penderita dapat merasakan semua hal-hal yang dialami kepribadian lainnya, seperti perasaan takut, disakiti, dilecehkan.  Dalam kasus tertentu, diperlukan bantuan medis, seperti obat-obatan anti depresan dan anti psikotik untuk mempertahankan pikiran dan perasaan penderita dalam kondisi normal.

Sumber :(1)(2)(3)

 "Perlu diingat, kami selaku pengelola www.endwize.blogspot.com , hanya berupaya memberikan segala bentuk informasi berupa tulisan, gambar, maupun jenis informasi lainnya, berdasarkan sumber-sumber yang kami pilih mengenai topik tertentu tanpa menjamin keakuratan maupun keaslian dari informasi tersebut"

"Jika anda memiliki saran, kritik, maupun dukungan, kami akan merasa sangat senang jika anda bisa meluangkan sedikit waktu untuk menyampaikannya melaluai form berupa Hubungi kami, yang telah kami sediakan."



Artikel lainnya :

Lebih baru :

Mengenal paradoks yang membingungkan.

Bukti yang menyatakan bentuk bumi yang datar

Lebih lawas :

Billy Milligan dengan 24 Kepribadiannya

Tiga kota yang melarang penduduknya untuk mati

populer

Serial kartun lucu dengan rumor tragis dibaliknya

Mengenal paradoks yang membingungkan.