Ambergis, Muntahan ikan paus sebagai bahan parfum kelas dunia



Ambergis, Muntahan ikan paus sebagai bahan parfum kelas dunia
 
perfume
Seperti yang kita tau, parfum atau minyak wangi adalah campuran minyak esensial dan senyawa aroma , fiksatif , dan pelarut yang digunakan untuk memberikan aroma wangi untuk tubuh manusia , objek, atau ruangan . Parfum juga di anggap sebagai kesenangan dunia, hal tersebut terbukti karena nyaris tak ada orang yang tak menyukai wewangian, terlebih untuk beberapa aroma yang dianggap sebagai yang terbaik, seseorang harus membayar mahal untuk mendapatkan aroma tersebut.

Namun taukah anda bahwa salah satu aroma terbaik tersebut berasal dari muntahan ikan paus sperma ?
Paus Sperma atau Paus Kepala Kotak (Physeter macrocephalus ) adalah hewan terbesar dalam kelompok paus bergigi sekaligus hewan bergigi terbesar di dunia. Paus ini dinamakan paus sperma karena bahan putih susu spermaceti yang terdapat pada kepalanya, dan pada awalnya dikira sebagai sperma . Kepala Paus Sperma yang besar dan bentuk keseluruhannya yang berbeda, juga membuatnya dikenal sebagai paus arketipe (archetype).

Physeter macrocephalus

Paus sperma kerap mengeluarkan muntahan berupa zat seperti lilin yang di kenal dengan nama ambergis,  yang di ketahui merupakan salah satu bahan yang digunakan dalam campuran parfum guna meningkatkan ketahanan aroma pada kulit.

Apa itu ambergis
 
ambergis
Ambergris dalam bahasa arab "anbar" adalah sekresi pathologis (muntahan karena penyakit) dari Ikan Paus Sperma (Physeter macrocephalus) dan tampaknya di hasilkan dari reaksi terhadap iritasi perut yang di sebabkan oleh kepala cumi dan kerang-kerang tertentu. Ikan Paus mengeluarkan 'Amber' tersebut secara spontan. Namun, Ikan Paus yang menghasilkan Ambergris sangat sedikit (di perkirakan 3% sampai 4% saja), dan biasanya hanya pejantannya saja.

Ambergris ikan paus yang baru di muntahkan ini , pada umumnya mempunyai warna kehitaman yang gelap, lunak dan bau yang tidak enak. Kemudian karena pengaruh air laut dan udara, warna amber menjadi sedikit cerah, antara warna abu-abu dan silver sampai abu-abu sempurna dan akhirnya akan berwarna putih. Baunya akan menjadi lebih lembut, manis, menyenangkan dan khas.

Ambergris sudah di kenal dan menjadi barang dagangan di Africa sejak 1000 SM. Dalam priode tersebut, bangsa China mengenal ambergris sebagai "Lung Sien Hiang" atau " Ludah Pengharum Ular Naga", yang di percaya secara mitos berasal dari ludah naga laut yang tidur di bebatuan laut.

Ambergis juga sudah di kenal lama oleh bangsa Mesir kuno yang menggunakannya sebagai pewangi.
Di abad ke-10, Ibnu Haukal, seorang pedagang Arab, mempercayai Ambergris sebagai barang berharga setara dengan emas dan budak kulit hitam dan juga percaya pada khasiat Ambergis sebagai Aphprodisiac (peningkat gairah seksual).

Ambergris dulu banyak didapat dengan cara perburuan pausnya langsung, namun kini perburuannya dilakukan dengan menyusur pantai yang di sana biasanya ditemukan terapung-apung mengikuti jalur migrasi paus sperma yang sangat jauh dari kutub utara ke kutub selatan setiap tahunnya. Karena ambergris baru berbau wangi setelah lama mengapung di lautan hingga bertahun - tahun lamanya. Maka amber yang ditemukan di dalam perut ikan paus yang sudah mati belum bisa di gunakan.

Untuk menjadikan bahan basenote pafum ambergris perlu dibuat sebagai tincture. Apa itu tincture ? Tincture adalah proses perendaman sebuah zat dengan pelarut biasanya Alkohol dengan kadar tinggi mencapai 85%>,dengan cara ambergris di remuk lalu direndam di dalam alkohol selama kurang lebih 2 hinggga 7 bulan bahkan lebih, sehingga terlarut dan siap pakai. Ambergris bersifat sebagai fixative atau penguat aroma dan penstabil pada parfum.

Menurut UU lingkungan US ambergris bukanlah bagian tubuh paus itu sendiri dikarenakan tidak ada paus yang dibunuh hanya untuk diambil ambregrisnya secara masal, melainkan itu merupakan produk alamiah paus.

Ambergris adalah minyak terbaik setelah minyak kesturi, ia mampu menghasilkan wangi khas yang disukai manusia. Bau ambergris memiliki beberapa variasi aroma mulai dari wewangian bersahaja, mirip misik, hingga beraroma manis.

“Satu tetes ambergris bisa merubah sebuah parfum.” Kata Claire Payne, ahli aroma terapi dan parfum kepada ABC News. “ Ambergris adalah apa yang kita sebut wangi khas hewan, berbeda dengan wangi jeruk atau aroma buah. Ia seperti misik, dan kami menggunakannya pada beberapa wewangian kami,” tambahnya.

Bahkan situs Nationalgeographic.co.id menulis, bahwasannya parfum dengan cita rasa tinggi yang diproduksi oleh merek terkenal seperti Chanel dan Lanvin juga mengambil keuntungan dari ambergris yang mampu memberikan aroma harum bagi kulit manusia.

Namun untuk di beberapa negara, penggunaan ambergis telah di larang dan di anggap ilegal. Hal ini berkaitan dengan kekhawatiran pemburuan paus sperma yang dapat mengancam populasi paus sperma yang terancam punah. Namun meski demikian permintaan ambergis sebagai bahan campuran parfume tetap tinggi, mengingat bahan yang di anggap sebagai harta karun mengapung ini terbilang sangat langka dan memiliki peran sentral dalam industri parfum kelas dunia yang telah berlangsung selama ribuan tahun.

Kelangkaan tersebut membuat harga ambergis terbilang sangat mahal, bahkan harga jual ambergis untuk 1kg , angka yang di tawarkan dapat mencapai ratusan juta rupiah, tergantung kualitas dari amber tersebut. Hal tersebut sudah pasti mempengaruhi harga perfume ambergis, yang jika anda ingin membelinya, anda harus menyiapkan uang hingga jutaan rupiah hanya untuk mendapatkan ambergis perfume ukuran keci.

Keberuntungan ambergis di alamai oleh seorang bocah asal Inggris yang baru berusia delapan tahun berikut, yang sempat membuat kehebohan karena menemukan sebongkah batu yang di duga ambergis bernilai tinggi. Charlie Naysmith adalah nama anak yang beruntung tersebut.

ketika itu Charlie bersama ayah dan anjingnya sedang berjalan di Pantai Dorset, Inggris, namun kemudian ia tersandung oleh sebongkah batu yang mirip seperti lilin.
“Charlie dan aku hanya keluar untuk berjalan-jalan di pantai seperti biasa bersama anjing kita, hingga ketika ia menemukan batu karang yang tampak seperti lilin ini,” ujar Alex Naysmith, ayah dari anak tersebut kepada ABC News.

“Dia selalu mengambil barang-barang, dan ia bergurau seolah-olah batu itu benar-benar berat. Kenyataannya, batu itu cukup ringan dan mengingatkan saya pada sesuatu yang saya lihat di berita bahwa benda seperti itu telah ditemukan di Selandia Baru.” Ujar Alex melanjutkan.
Charlie dan ayahnya kemudian mencoba mencari tahu mengenai batu tersebut. Hasilnya, mereka berdua terkejut karena batu tersebut ternyata adalah ambergris dengan berat 0,45 kilogram yang bila diuangkan bisa bernilai lebih dari 600 juta rupiah.

Bagaimana, menarik bukan. Jika pantai merupakan tempat yang biasa anda kunjungi, maka tidak ada salahnya jika anda sesekali memeriksa bebatuan yang bisa jadi itu adalah ambergis, mengingat lautan luas indonesia juga dikatakan merupakan jalur yang di lalui oleh ikan paus sperma yang memungkinkan anda ntuk menemukan ambergis di indonesia. Namun sebelum itu anda harus mengetahui terlebih dahulu ciri - ciri dari ambergis tersebut.

Ciri-ciri Ambergris Berdasarkan Aroma
Ambergis memiliki aroma berupa Amber, Musky, bau binatang, bau laut, sedikit aroma tembakau. Kandungan utama Ambergris adalah Alcohol ambreine, yang karena terbuka dengan dengan cahaya dan udara beroksidasi dan mengeras.Selain itu terdapat juga lactone floral dan aldehydes serta ketones yang membuat Ambergris menjadi harum

Ciri-ciri Ambergris Berdasarkan fisik
Secara sederhana, biasanya pada Ambergris di temukan serpihan kepala cumi yang sudah halus. Ini logis karena ambergis adalah sisa makanan ikan paus yang tidak tercerna dengan sempurna dan kemudian di muntahkan.

 "Perlu diingat, kami selaku pengelola www.endwize.blogspot.com , hanya berupaya memberikan segala bentuk informasi berupa tulisan, gambar, maupun jenis informasi lainnya, berdasarkan sumber-sumber yang kami pilih mengenai topik tertentu tanpa menjamin keakuratan maupun keaslian dari informasi tersebut"

"Jika anda memiliki saran, kritik, maupun dukungan, kami akan merasa sangat senang jika anda bisa meluangkan sedikit waktu untuk menyampaikannya melaluai form berupa Hubungi kami, yang telah kami sediakan."


Artikel lainnya :

Lebih baru :

Akhir dari perang dunia II

Lebih lawas :

Dunia Shynesthesia yang unik

Mengingat kembali Tragedi Gerakan 30 September PKI

populer

Serial kartun lucu dengan rumor tragis dibaliknya

Mengenal paradoks yang membingungkan.

Menarik, mengenal istilah gangguan kepribadian ganda